ahlan wa sahlan

menjadi manfaat untuk muslim yang lain

Symbian Menjadi Open Source Berkat Nokia Juli 27, 2008

Filed under: berita it — 69i69 @ 11:30 am

Perusahaan headset raksasa Nokia telah menambah kekuatan diposisinya sebagai pemimpin dalam industri mobile. Nokia memberi pengumuman kalau perusahaannya telah membeli semua saham dari Symbian Limited, yang merupakan perusahaan pemilik sistem operasi Symbian. Saat ini Nokia telah memilliki 47,9% saham Symbian Limited, dengan sebagian lain dimiliki oleh Ericsson (15,6%), Sony Ericsson joint-venture (13,1%), Panasonic (10,5%), Siemens (8,4%) dan Samsung (4,5%).

Belum lama ini Nokia telah mendeklarasikan tentang rencana pembelian semua saham yang belum dimiliki sebelumnya. Dari sekarang, semua perusahaan yang terlibat akan menerima penawaran Nokia (3,647 Euro per saham), kecuali Samsung, yang juga akan memberikan konfirmasi dari pembelian ini nanti. Semua pengeluaran biaya ditaksir kurang lebih 264 juta Euro (sekitar US $409,5 juta).

Berita terbesarnya adalah, ini bukanlah akuisisi penuh Symbian Limited oleh Nokia saja, namun pengumuman dari lembaga non-profit Symbian Foundation, yang akan menurunkan semua sistem operasi Symbian ke dalam satu platform mobile open source. Untuk mendapatkan hal tersebut, Nokia akan berkolaborasi dengan Samsung, Motorola, LG, Sony Ericsson, AT&T, Vodavone, NTT DoCoMo, Texas Instrument dan STTM Microelectronics.

Setelah proses akuisisi Symbian Limited lengkap, Nokia dan perusahaan-perusahaan yang telah disebutkan sebelumnya akan mengkombinasikan Symbian, S60, UIQ, dan MOAP NTT DoCoMo ke dalam sebuah platform mobile yang dikumpulkan untuk menjadi karya terbaik. Symbian Foundation akan memulai membuka platform open source ini pada tahun 2009.

Menurut Olli-Pekka Kallasvuo, Chief Executive Officer Nokia, mendirikan sebuah Foundation merupakan sebuah kontribusi yang besar bagi seluruh komunitas free software. Nokia merupakan pendukung yang kuat pada teknologi dan platform yang memberikan kebebasan untuk membuat, memelihara dan memajukan aplikasi serta layanan yang berhubungan dengan perangkat dan perusahaan yang membuat inovasi yang hebat

Sumber: InfoLINUX Edisi 08/2008

 

Tinggalkan komentar